Post Date : 03 Oktober 2012

Ada yang bilang, mempertahankan itu lebih sulit ketimbang meraih. Jadi, bila ada yang sanggup melakukan itu, mereka patut diacungi jempol. Apalagi bila sanggup melakukannya berkali-kali dan berturut-turut seperti 29 perusahaan pembiayaan dalam keikutsertaannya pada rating multifinance yang digelar Infobank.

 

Membaiknya kinerja multifnance selama ini sebenarnya tak lepas dari kondisi ekonomi yang kondusif. Saat ekonomi terganggu, seperti saat lcrisis 2008, bisnis multifinance pun sempat melemah. Namun, multifinance bisa kembali bangkit. Tiga tahun terakhir bisnis multifinance berjalan sangat baik. Hampir semua jenis pembiayaan yang dilakukan industri ini meningkat. Yang mengalami pertumbuhan pesat adalah pembiayaan di jalur konsumer. Tak heron jika kategori "sangat bagus" lima tahun berturut-turut didominasi oleh perusahaan pembiayaan yang bergerak di bisnis pembiayaan otomotif.

 

Kendati demikian, tahun ini pelaku indusfri multifinance harus lebih berhati-hati dan tak ferlalu mengumbar nafsu. Pasalnya, banyak pihak meramalkan bahwa krisis akan datang ke Tanah Air pada semester kedua tahun ini. Jika tak mau bisnisnya bermasalah, prinsip kehatihatian harus dikedepankan sebagai solusi bijak mengantisipasi masalah ini.

 

      

 

Selain krisis, tantangan yang dihadapi pelaku bisnis ini, terutama mereka yang bermain di bisnis otomotif, adalah aturan kenaikan uang muka (down payment atau DP)

 

Source: InfoBank. Agustus 2012