Post Date : 21 Juli 2010

Enam tahun sudah kehadiran Toyota Avanza meramaikan pasar mobil tanah air. Bukan hanya meramaikan, malah mendominasi! Bukan isapan jempol kalau banyak yang menyebutnya mobil setengah juta umat. Ehm, belum sejuta sih, baru setengah juta umat. Yap, penjualan Avanza memang sudah melampaui 500 ribu unit. Bagaimana perjalanannya selama enam tahun ini? Berikut catatan sejarah perubahan model dan data persentase daya serap tiap varian.

2003
Resmi nongol December 2004, meski pelanggan bisa mendapatkan unit perdana pada Januari 2004. Hadir dalam dua varian E dan G, keduanya bermesin K3DE 1.300cc DOHC. Rentang hargcs pada scat itu antarci Rp. 90-100 jutaan. Konsumen disuguhkan lima pilihan warna. Yakni silver mica metalic, red mica, champagne metalic, dark green mica dan dark blue mica.

2004
Pada bulan Juli, hadir varian baru S A/T. Bermodal mesin sama, tetapi sudah WT-i (tipe K3-VE) dengan fransmisi otomafis dan ABS membuatnya jadi varian tertinggi. Interior serupa, hanya spidometer dilengkapi odometer digital dan petunjuk tuas persneling matik.


2006
Pertama kalinya Avanza E dan G mengalami minor change pada bulan Juli. Tampilan luar seperti bumper grill, mud guard, pelek alloy dan lampu belakang berubah. Interior ganti warna dari hitam jadi ivory, plus seatbelt dan headrest di bans ketiga dan meter combination anyar. Sedangkan mesin diupgrade pakai VVT-i yang sebelumnya hanya dipakai pada varian S. Demikian pula suspensi dibenahi untuk mengatasi keluhan ajrut-ajrutan.
Masih di tahun yang sama, minor change untuk Avanza tipe S pada Oktober. Mesinnya diganti 1.500cc VVT-i (3SZ-VE), pilihan transmisinya pun jadi dua, A/T jadi M/T. Desainnya pun lebih mewah dari tipe G dan E. Seperti aerobumper, desain gril baru, pelek alloy 15 inci dan kaca spion luar dengan sein.

2008
Kembali mengalami minor change pada semua tipe (E, G dan S). Misal terjadi perubahan seperti pada desain foglamp (S dan G).
Lalu, perubahan desain bumper, center mesih bumper, adanya roof lining, penambahan ornamen krom pada pintu belakang (S & G), outer mirror (S) dan side body moulding (S). Di interior, lingkar kemudi berpalang empat dan tuas transmisi Avanza S A/T memakai tipe Gate.

2009-2010
Penambahan varian bertransmisi otomatis pada tipe G dan E. Tipe G A/T pada November 2009, sedangkan Mei 2010 nongol tipe E A/T. Kedua tipe ini sama persis dengan versi manualnya, hanya berbeda pada spidometer dengan petunjuk posisi tuas matik, tongkat persneling dan berkurangnya pedal kopling.